Alibaba Foundation Bantu RI Tangani COVID-19

Jakarta – Sejak pertengahan Mei hingga awal Juni, Alibaba Foundation-Jack Ma Foundation telah memberikan dukungan terhadap Indonesia untuk penanganan COVID-19 melalui pemberian peralatan kesehatan.

Bantuan tersebut disalurkan secara bertahap dan difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI Beijing.

“Peralatan kesehatan tersebut berupa 50,016 PCR test kits, 100 set ventilator, 39.000 masker N95, 1.052.000 masker bedah, 43.000 baju APD, dan 80 termometer infra merah,” kata Kemlu dalam siaran persnya, Jumat (5/5).

“Secara khusus pihak Alibaba sampaikan 20 unit ventilator kepada Provinsi Bali untuk penanganan Covid-19 di Bali,” tambah pernyataan itu.

Dukungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembicaraan per telepon antara Presiden RI Joko Widodo dan pendiri perusahaan Alibaba, Jack Ma.

Selain dukungan alat kesehatan, Alibaba Foundation-Jack Ma Foundation juga telah menyelenggarakan pelatihan virtual terkait penanganan COVID-19 pada tanggal 29 April dan 12 Mei 2020.

Pelatihan dilakukan oleh para ahli dan tenaga kesehatan Tiongkok dan dihadiri oleh sekitar 500 tenaga kesehatan garda depan termasuk dokter umum dan spesialis, perawat, dan praktisi kesehatan terkait dari setidaknya 20 instansi rumah sakit pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia. (R/Jk/Ar/Mina)