Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Pringsewu Gelar Diklatlasar

Pringsewu – Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar dan latihan (diklatsar) bagi anggota baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai 12 – 13 Desember 2020 di Marbalak Pekon Margakaya Kecamatan Pringsewu.

Ketua pelaksana kegiatan Arif Asyari mengungkapkan dalam pelatihan tersebut para peserta belajar pelatihan baris berbaris (PBB), navigasi darat, tali temali, Medichal Firts Responding (MFR) dan evakuasi. “Adapun pesertanya berjumlah 20 orang,” ujarnya.

Dikltatsar ini dimaksudkan untuk menyiapkan relawan yang mampu menangani bencana secara terpadu. “Mengingat Indonesia dengan sebutan market bencana (banyak sekali potensi bencana), maka dianggap penting meningkatkan kuantitas dan kualitas UAR sendiri,” ujarnya.

UAR Pringsewu sendiri telah menurunkan para personilnya di berbagai daerah bencana. Seperti banjir di Bagelen, Pesawaran awal 2020, banjir Kelumbayan akhir 2018, bencana tsunami di Lampung Selatan akhir 2018 dan lainnya. (Rls/Pw/Ari)