Presiden Jokowi Target Vaksinasi 5 Juta Guru Rampung Juni 2021

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 5 juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan telah menerima vaksinasi Covid-19 pada Juni 2021. Upaya ini ditujukan agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara normal pada tahun ajaran 2021/2022 yang akan dimulai Juli 2021.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi ,Saat mengunjungi dan meninjau vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 70 Jakarta, Presiden mengatakan bahwa pada semester kedua, belajar mengajar diharapkan dapat dilaksanakan secara tatap muka.

“Dan targetnya pada bulan Juni nanti 5 juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan semuanya insyaallah sudah bisa kita selesaikan,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, Presiden berharap agar proses vaksinasi yang telah dimulai di Jakarta dapat menjalar ke seluruh provinsi lain di Indonesia. Adapun, vaksinasi terhadap kelompok tersebut baru dimulai pada hari ini.

“Bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali. Saya kira targetnya itu,” paparnya.

Sementara itu, hingga Selasa (23/2/2021) vaksinasi dosis pertama setidaknya telah diterima oleh 1,26 juta orang dan dosis kedua telah diterima oleh 789.966 orang. Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta penduduk Indonesia dapat selesai pada akhir 2021.

Kunjungan Presiden Jokowi ke SMAN 70 turut didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun, Jokowi turut melihat langsung proses vaksin yang dilakukan oleh para tenaga pendidik. Kunjungan itu juga dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sedangkan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan ,insyaallah sudah bisa kita selesaikan semuanya sehingga di bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali

Untuk diketahui, vaksinasi ini merupakan kelanjutan program vaksinasi massal nasional yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021. Pada tahapan pertama, vaksinasi dilakukan dengan menyasar sumber daya manusia di bidang kesehatan. Adapun vaksinasi tahapan kedua kali ini menyasar para pelayan dan pekerja publik, termasuk di dalamnya para tenaga pendidik dan kependidikan. (Rl/Jk/Al/Bm)