GenPI Lampung Lakukan Pembinaan Kepada Mahasiswa IAIN Metro di Sektor Parekraf

Kota Metro,  Induktif.com – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung melakukan pembinaan kepada sejumlah mahasiswa ekonomi syariah IAIN Metro, pembinaan ini sekaligus merupakan program agenda praktik pengalaman kerja PPL mahasiswa jurusan ekonomi syariah tahun 2021

Berbeda pada tahun sebelumnya, dimana mahasiswa ekonomi syariah lebih diarahkan kepada perusahaan atau lembaga keuangan seperti Bank, BMT, dan perusahaan pembiayaan lainnya.

Sejumlah mahasiswa tersebut memilih GenPI sebagai tempat PPL dikarenakan GenPI merupakan salah satu dari 25 lembaga Komunitas Ekonomi Kreatif.

“Tahun ini GenPI mendapatkan kejutan, dimana sejumlah mahasiswa IAIN Metro dari jurusan ekonomi kreatif, memilih GenPI sebagai rujukan Praktik pengalaman Lapangan (PPL), yang mana nantinya mahasiswa akan diberi pelatihan dan bimbingan dalam melakukan pergerakan di bidang pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif, hal ini sangat selaras dengan tujuan genpi yakni melakukan branding dan promosi industri pariwisata di Indonesia khususnya Lampung,” Kata Ketua GenPI Provinsi Lampung Abdul Rohman Wahid, Senin (7/6/2021).

Wahid juga menyampaikan, mahasiswa nantinya akan diajak untuk mengenali potensi ekonomi kreatif dari suatu tempat, dengan harapan dapat menggali ide-ide kreatif dalam pembangunan sebuah tempat wisata.

“Manusia memiliki tiga hal kekayaan pemberdayaan yakni energi, frekuensi, serta intuisi dimana setiap manusia memiliki kecenderungan potensi yang berbeda-beda; kami berharap dapat menyatukan potensi unggulan tersebut dari tiap mahasiswa, untuk menciptakan serta mengembangkan suatu ide bisnis kreatif, contoh seperti embung halaman belakang rumah salah seorang anggota genpi Lina kharisma yang belum dimanfaatkan secara utuh,” ucapnya.

Sementara itu, Sekjen GenPI Lampung, Mustika Edi Satosa, menambahkan, mahasiswa PPL nantinya akan diberikan wawasan tentangperlunya up-skilling (penemuan bakat) dan re-skilling (pengasahan bakat).

“Dari tiap mahasiswa PPL nantinya akan kita lihat kemampuanya dari ide ide yang akan mereka usulkan, disitu akan terlihat bakat dari tiap mahasiswa, kemudian akan kami kembangkan lagi bakat tersebut, agara bila berhasil dapat berpengaruh pada sektor ekonomi kreatif dan akan terus berkembang, maju apabila dikelola oleh orang yang mampu memanfaatkan bakat atau potensi yang mereka miliki,” paparnya.

Mahasiswa PPL juga kedepan akan melakukan studi banding ke taman Bougenville resort di kelurahan tejosari kota metro Sebagai langkah awal.

“Nah nantinya disana mereka akan menemukan ide kreatif dalam hal branding pariwisata. Harapan kami, dengan kehadiran mahasiswa PPL ekonomi syariah ini, turut membantu mengembangkan sektor pariwisata di Lampung lewat berbagai aktivitas inovasi kreatif. GenPI juga diharapkan mampu menjadi wadah penyaluran ilmu pengetahuan yang didapat selama proses kuliah serta pengembangan potensi diri mahasiswa.” Tambahnya. (Red/Hasan)